Malam Ini 216 WNI di Libya Diungsikan

VIVAnews – Evakuasi gelombang kedua warga negara Indonesia (WNI) dari Libya akan berlangsung Selasa malam, 1 Maret 2011. Mereka akan diterbangkan dari  Ibukota Tripoli menuju ibukota Tunisia, Tunis.

“Kami baru mendapat laporan, Insya Allah pukul 7 malam waktu Tunis akan ada pesawat kedua yg membawa warga negara kita dari Tripoli ke Tunis,” ujar Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Selasa 1 Maret 2011.

Evakuasi tahap kedua ini akan mengangkut 216 WNI dari Tripoli. Mereka adalah mahasiswa dan para pekerja di sektor formal maupun informal.

Kementerian Luar Negeri memperkirakan saat ini terdapat 875 WNI di Libya. Sebanyak 550 di antaranya bekerja di sektor formal, 130 mahasiswa, dan sisanya adalah WNI yang bekerja di sektor informal.

Bagi warga yang masih berada di Tripoli atau belum terangkut, Natalegawa menghimbau untuk tetap waspada. “Pemerintah mengimbau WNI menunjukkan kewaspadaan, menghindari demonstrasi,” kata Natelegawa.

Namun, beberapa mahasiswa memilih untuk tinggal di Libya. Natalegawa menuturkan bahwa ini adalah pilihan warga, yang didasari atas perkiraannya sendiri mengenai situasi dan kondisi yang tengah terjadi.

“Kepada mereka (yang memutuskan tinggal) kita berikan perlindungan, dukungan.  Sama seperti di Mesir, tidak semuanya memilih kembali ke tanah air tapi kita tidak membedakan antara warga negara yang pilih kembali atau tidak,” kata Natalegawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s