2015, Windows Phone 7 Taklukkan iPhone

 

INILAH.COM, Jakarta – Menurut firma riset IDC, Android dan Windows Phone 7 (WP7) akan menjadi sistem operasi (OS) mobile terpopuler di 2015. Hal ini wajar mengingat bagusnya performa OS ini.

Prediksi ini cukup mengagetkan, pasalnya WP7 akan menempati posisi kedua setelah Android dan mengalahkan iPhone Apple. IDC membuat prediksi untuk pasar ponsel di 2011 ini. Menurut firma riset ini, 450 juta smartphone dikapalkan di 2011.

Padahal, tahun lalu smartphone yang dikapalkan hanya sejumlah 303,4 juta. Untuk pangsa pasar 2011, Android akan menjadi OS terpopuler dengan penguasaan 39,5%. Posisi kedua dipegang Symbian dengan penguasaan 20,9%.

iOS pada iPhone Apple menempati posisi tiga dengan penguasaan 15,7%. Sedangkan BlackBerry dan WP7 di urutan berikutnya dengan penguasaan 14,9% dan 5,5%. Penguasaan di 2011 ini tak terlalu mengejutkan.

Namun, di 2015, IDC memprediksikan terjadinya pergeseran cukup besar. Android tetap berkuasa dengan penguasaan 45,4%. Namun, posisi kedua direbut WP7 dengan penguasaan 20,9%.

iOS hanya akan mendapat penguasaan 15,3% di 2015. BlackBerry memperoleh 13,7%. Sedangkan Symbian diprediksi hampir hilang. Menurut IDC, lonjakan WP7 di 2015 berkat dukungan Nokia.

“Aliansi ini memadukan kemampuan hardware Nokia dan platform Windows Phone yang membuatnya berbeda,” ungkap analis senior Mobile Devices Technology and Trend Ramos Llamas seperti dikutip Cnet.

Di 2015, Windows Phone akan menjadi OS nomor dua di dunia, lanjutnya. Angka ini masih berupa prediksi, dan mungkin saja akan berubah nanti. [mor]

sumber : teknologi.inilah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s