Kabel Rahasia AS Kedutaan Besar (Cablegate), 1966-2010

Wikileaks dimulai pada penerbitan November Minggu 28 251287 bocor kabel kedutaan Amerika Serikat, set dokumen rahasia terbesar yang pernah dilepaskan ke dalam domain publik. Dokumen akan memberikan orang di seluruh dunia belum pernah terjadi sebelumnya wawasan ke dalam kegiatan Pemerintah AS asing.

Kabel, yang tanggal dari tahun 1966 sampai akhir Februari tahun ini, berisi komunikasi rahasia antara 274 kedutaan besar di negara-negara di seluruh dunia dan Departemen Luar Negeri di Washington DC. 15.652 dari kabel diklasifikasikan Rahasia.

Kabel Kedutaan akan dirilis secara bertahap selama beberapa bulan ke depan. Subyek kabel ini begitu penting, dan penyebaran geografis begitu luas, bahwa untuk melakukan sebaliknya tidak akan melakukan hal ini keadilan material.

Kabel menunjukkan sejauh mana AS memata-matai sekutu-sekutunya dan PBB; menutup mata terhadap korupsi dan pelanggaran HAM di “negara klien”; backroom berhubungan dengan negara-negara yang seharusnya netral; melobi perusahaan-perusahaan AS, dan langkah-langkah AS diplomat yang diperlukan untuk muka mereka yang memiliki akses kepada mereka.

Dokumen rilis ini mengungkapkan kontradiksi antara persona publik AS dan apa yang dikatakannya di balik pintu tertutup – dan menunjukkan bahwa jika warga negara dalam demokrasi ingin pemerintah mereka untuk mencerminkan keinginan mereka, mereka harus meminta untuk melihat apa yang terjadi di balik layar.

Setiap anak sekolah Amerika mengajarkan bahwa George Washington – negara Presiden pertama – tidak dapat berbohong. Jika administrasi penerusnya tinggal sampai dengan prinsip yang sama, banjir dokumen hari ini akan menjadi malu belaka. Sebaliknya, Pemerintah Amerika Serikat telah memperingatkan pemerintah – bahkan yang paling korup – di seluruh dunia tentang kebocoran datang dan menguatkan dirinya untuk eksposur.

Set lengkap terdiri dari 251.287 dokumen, yang terdiri dari kata-kata 261.276.536 (tujuh kali ukuran “Perang Irak Log”, rilis informasi yang sebelumnya diklasifikasikan terbesar di dunia).

Kabel penutup dari 28 Desember 1966 untuk 28 Februari 2010 dan berasal dari 274 kedutaan, konsulat dan misi diplomatik.

sumber : mirror.wikileaks.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s