Kenya pembunuhan ekstra-yudisial Gitobu Imanyara ancaman kematian Parlemen, 10 Jun 2009

“Surat yang diajukan di Kenya Parlemen pada hari Kamis 18 Juni 2009 telah menciptakan flashpoint baru dalam kontroversi atas pembunuhan di luar hukum dan regu kematian dalam Kepolisian Kenya.

Surat tersebut diduga ditulis oleh seorang anggota pasukan kematian ‘Kwekwe’ Polisi itu diajukan oleh Pusat Imenti Anggota Parlemen Gitobu Imanyara menuduh plot antara lain Pertama wanita Lucy Kibaki, Kabinet Menteri John Michuki dan Komisaris Polisi Mayor Jenderal Hussein Ali untuk menghilangkan beberapa tokoh kepribadian termasuk anggota parlemen dan bekas.

Mereka diduga menjadi sasaran pembunuhan termasuk Ketua Parlemen saat ini Komite Account Dr Bonny Khalwale, mantan Menteri Kabinet dan saat MP Martha Karua, mantan anggota parlemen Paul Muite, sebuah Wambui Maria dan Kamau Charles. Tetapi dalam jawaban cepat, State House diberhentikan Imanyara sebagai politisi nekat membuat pernyataan tidak berdasar.

Ketua Parlemen telah berjanji keputusan dianggap pada hari Rabu 24 Juni 2009. Kenya memiliki sejarah pembunuhan bermotif politik tokoh masyarakat dan politisi dating kembali ke 1960-an.  Korban termasuk mantan anggota parlemen dan menteri kabinet. ”

Surat itu belum pernah dipublikasikan secara penuh sebelum.

The Parlemen Kenya Hansard (termasuk dalam arsip ZIP WikiLeaks) untuk 18 Juni 2009 menegaskan keberadaan surat itu.

Perlu dicatat bahwa bagian yang paling diperdebatkan surat tersebut, bahwa ayat yang berimplikasi Presiden Kibaki (“Keluarga Pertama”), tampaknya telah ditulis setelah konten lainnya. Apakah ini karena penulis kehabisan ruang (margin yang juga digunakan), atau karena ditulis oleh penulis kedua atau ketiga tidak diketahui. Kibaki telah dikeluarkan upaya yang signifikan untuk menentang penyelidikan pembunuhan ekstra-yudisial di Kenya dan diduga oleh yayasan Oscar dalam sebuah surat kepada Mahkamah Pidana Internasional harus telah mendukung upaya pembunuhan.

Penyerahan Kenya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia untuk sesi 11 Perserikatan Bangsa-Bangsa ‘Dewan Hak Asasi Manusia menegaskan adanya’ pasukan kematian Kweke ‘dalam Kepolisian Kenya.

sumber : mirror.wikileaks.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s