Dibalik Kisah Ragnarok

ernyata Game Ragnarok yang udah populer selama ini ada sejarahnya , selain asik di mainin juga punya sejarah yg Menarik dan Rumit. Kali ini saya akan berbagi sedikit Sejarah nya.. Semoga bisa menambah pengetahuan kita..

 
Ragnarok (takdir para dewa) adalah suatu bagian dari mitologi Nordik tentang pertempuran di akhir dunia. Pertempuran antara Aesir, yang dipimpin oleh Odin dan para iblis (raksasa api dan berbagai monster yang dipimpin oleh Loki), Iris. Pertempuran terjadi di suatu daerah bernama vigrid plain Makna dari pertempuran ini tidak hanya pertempuran antara Dewa, raksasa dan monster, tetapi juga melibatkan seluruh alam semesta. Dari pertempuran ini banyak dewa-dewi yang mati termasuk odin.
 
Aesir
Aesir merupakan salah satu ras dewa yang tinggal di Asgard. Aesir memiliki musuh utama, yang selalu mereka perangi, yaitu Vanir. Aesir sangat suka dengan perang dan pertempuran, sedangkan Vanir lebih dekat ke alam dan kesuburan. Ketika Aesir dan Vanir berdamai, beberapa dewa/dewi Vanir, seperti Njord, Frey dan Freyr menjadi Aesir.
Awalan As adalah nama tunggal untuk Aesir. Female As disebut Asynia (jamaknya Asynior/Asyniur).
Berikut ini informasi mengenai dewa-dewa yang terlibat Ragnarok :
Odin

Penguasa dunia dan pemimpin para Aesir (meskipun ujung-ujungnya mati di Ragnarok). Odin merupakan anak dari raksasa Bor dan Bestla. Selain Valhala, Odin juga punya aula lain yang disebut dengan Valaskialf, yang beratapkan perak murni. Disini terdapat tahtanya yang disebut Hlidskialf, dimana dia bisa melihat seluruh dunia. Tombaknya bernama Gungnir sedangkan cincinnya bernama Draupner (Cincin Kekuatan) yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri. Dua gagak, Huginn (”Pikiran”) dan Muninn (”Ingatan”), bertugas membawa berita dari seluruh dunia untuknya. Odin memimpin gerombolan penunggang kuda ketika Wild Hunt berlangsung. Mereka berkelana pada malam hari, dari malam musim dingin, 31 Oktober (Liat hubungannya dengan Hallowen?) sampai May Eve, 30 April (Ga’ ngerti artinya), khususnya pada malam perayaan pagan Yule, 21 Desember. Melihat mereka pada saat mereka sedang “jalan-jalan”, bisa berarti itu adalah akhir dari hidupmu.

Tyr

Dewa bertangan satu. Kemungkinan anak dari Odin dan Frigg atau raksasa perempuan Fjorgyn. Tyr saudara mudanya Thor.

Loki
Dewa api. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, “Cruel-Striker”) dan Laufey (”Tree Island”) atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi. Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dgn Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda (”Distress Bringer”), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian; Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent; dan Fenrir, si serigala raksasa. Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard. Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa2 tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer. Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkanankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandiangan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigg untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.

Ull

Dewa keadilan, berburu dan duel. Anak Sif, istri Thor. Ull kemudian menikahi Skadi, mantan istri Njord. Ull tinggal di Ydalir (Yew Dales or Yewdale) di Asgard.
Bragi

Dewa puisi. Anak Odin dan raksasa Gunlod. Istri Bragi adalah Idun, dewi musim semi dan masa muda. Bragi juga merupakan dewa pidato.

Forseti

Dewa keadilan dan hukum. Anak Balder dan Nana.
Vali

Anak Odin dengan raksasa perempuan Rind. Vali lahir pada hari yang sama dengan hari kematian Balder. Sebelum usianya mencapai 1 malam, Vali tumbuh menjadi seukuran pria dewasa dan membalas dendam untuk kematian Balder dgn membunuh Hod.

Badler

Dying god? Balder adalah dewa kecantikan. Tinggal di istananya yang bernama Breidablik bersama dengan istrinya Nana, anak perempuan Nep. Dari keduanya, lahirlah Forseti. Balder merupakan dewa yang paling dicintai dari seluruh dewa yang ada. Sayangnya, menurut ramalan, Balder akan mati. Karena itu, ibunya, Frigg meminta semua mahluk dan benda yang ada untuk tidak melukai anaknya itu. Sayangnya, dia tidak meminta hal yang sama kepada mistletoe(?) karena menyangka tanaman tersebut tidak mungkin melukai Balder. Cerita selanjutnya, ada dibawah.

Hod

Dewa yang buta, anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder. Dia adalah dewa musim dingin dan kegelapan. Loki menipu Höd dengan melempar mistletoe(?) kepada saudaranya, satu-satunya benda yang bisa membunuh Balder. Vali membalas kematian Balder dengan membunuh Höd.

Hermod

Pembawa pesan para dewa. Anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder dan Höd (Hod). Ketika saudaranya yang buta, Hod membunuh saudara mereka, Balder, hanya Hermod yang berani pergi ke dunia bawah, menemui Hel, dewi kematian. Hermod meminta Hel membiarkan balder hidup kembali. Hel menyetujuinya dengan satu syarat bahwa setiap mahluk harus meneteskan paling tidak 1 tetes air mata untuk Balder untuk membuktikan bahwa Balder adalah dewa yang dicintai. Hermod gagal memenuhi persyaratan tersebut setelah seorang raksasa perempuan menolak menangis untuk Balder.
Mirmir

Dewa Aesir yang paling bijak. Selama masa damai antara Aesir dan Vanir berlangsung, kedua belah pihak saling bertukar sandera. Aesir menerima Njörd (Njord) dan Freyr, sementara Vanir menerima Mimir and Hoenir. Mimir mati setelah kepalanya dipenggal oleh para Vanir karena suatu kejadian.

Magni and Modi

Dua anak Thor dari raksasa perempuan Jarnsaxa (Iarnsaxa, “Ironwood”) yang berhasil selamat dari Ragnarok dan mewarisi palu ayah mereka, Mjollnir.

sumber : adipedia.com

One response to “Dibalik Kisah Ragnarok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s